Langsung ke konten utama

Control Panel Hosting

Control Panel Hosting adalah sebuah aplikasi yang dapat dijalankan melalui browser, yang berfungsi untuk mengatur hosting.
Contoh-contoh nya seperti
membuat atau mengelola database, menginstal website, membuat email, membuat sub domain atau add on domain, dan banyak fungsi lainnya.

Lalu ada jenis jenis dan penjelasan control panel hosting :
  1. Cpanel
  2. Plesk
  3. ISP config
  4. Zpanel
  5. Sentora Panell
  6. EHCP
  7. Virtualmin / webmin

1. Cpanel

Cpanel merupakan sebuah kontrol panel web hosting untuk sistem operasi linux, panel ini sangat mudah digunakan apalagi untuk pemula.

2. Plesk

Plesk juga merupakan kontrol panel hosting berbayar yang tersedia untuk digunakan pada sistem operasi Linux, FreeBSD dan juga Windows, panel ini juga sangat mudah digunakan dalam mengadministrasi sebuah server VPS, tetapi kekurangan dari kontrol panel ini dibandingkan dengan kontrol panel lainya adalah dari segi kecepatannya, 

3. ISP Config

ISP Config adalah salah satu panel hosting yang bisa didapatkan dengan gratis. 

4. ZPanel

Zpanel juga merupakan salah satu panel hosting gratis ( Sekarang berbayar ) yang dapat digunakan untuk VPS Linux, Panel web hosting ini terbilang cukup lengkap dan juga mudah sekali digunakan.

5. Sentora Panel

Web hosting control panel yang satu ini merupakan regenerasi dari Zpanel yang sudah diakuisisi oleh Hostwinds LLC. 

6. EHCP

Easy Hosting Control Panel merupakan panel VPS open source yang memiliki fitur tidak kalah lengkap dengan panel VPS diatas.

7. Virtualmin

Virtualmin merupakan salah satu control panel web hosting yang cukup populer digunakan oleh Web Master di seluruh dunia.
Adapun modul modulnya

Biasanya control panel hosting berisi modul-modul antara lain :
1. Web server (misalnya Listpeed, Apache, Nginx, IIS)
2. DNS Server
3. Mail server dan spam filter
4. FTP server
5. Database
6. File manager
7. System monitor
8. Web log analysis software
9. Firewall

EHCP(Hosting Control Panel) 
Aplikasi opensource yang sangat effective digunakan untuk Control Panel Hosting yang menawarkan Anda untuk meng-host situs web, membuat account ftp, account email, sub domain dan sebagainya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FTP Server

Pengertian FTP adalah sebuah protokol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi sebagai standar untuk pengiriman file komputer antar mesin-mesin dalam sebuah jaringan. FTP merupakan salah satu protokol internet yang paling awal dikembangkan & masih digunakan hingga saat ini. FTP berfungsi untuk melakukan pengunduhan/download & juga melakukan pengunggahan/upload berkas-berkas komputer antara client FTP dengan FTP Server. Selanjutnya l angsung saja ke tahap pengkonfigurasi nya saja.  Alat & Bahan : 1. VirtualBox 2. Iso Windows Server 2012 3. Iso Windows 10 Langkah pertama yaitu Klik Server Manager > Klik Add Roles and Features. Lalu akan muncul beberapa pilihan menu. Klik Next saja. Selanjutnya pilih type installasi nya > Role Based Instalation. Role base dipilih karena untuk menambahkan beberapa role, role service & fitur-fitur lainya. Kemudian akan ada 2 pilihan server yaitu Server Pool atau Virtual Harddisk . Disin

Installasi Debian 8 Dengan VirtualBox

BAB 1 : Installasi Awal Linux Debian 8.0 Bahan-bahan yang diperlukan : VirtualBox ISO Linux Debian 8 (DVD 1-3). Klik Baru, Pada jendela VirtualBox. Lalu ketik Nama, Tipe & Versi > Lanjut. Selanjutnya Tekan Enter sampai 5x sampai Debian virtual dibuat. Lalu jalankan dengan klik Mulai. Ketika muncul tampilan seperti dibawah, Klik simbol yang berwarna kuning disebelah kanan & pilih ISO Debian 8 yang sudah disiapkan. Persiapan Bahasa & Lokasi, keyboard, Penambahan DVD Debian ke-2 & ke-3. Jika langkah sebelumnya telah selesai, selanjutnya Pilih Install > Enter untuk memulai installasi. Pilih Bahasa yang ingin digunakan, gunakan Bahasa Inggris (ENGLISH) > Enter.   Pada Pemilihan Lokasi >  Pilih Other.   Selanjutnya Pilih ASIA.   Kemudian cari Indonesia > Enter.   Pemilihan Lokal. Pilih United States > Enter.   Pemilihan Keyboard. Pilih American

VPN/Virtual Private Network

Apa Itu VPN? Pada jaman dulu, VPN (Virtual Private Network) dibuat dengan tujuan mengkoneksikan jaringan antar gedung perkantoran secara aman dan dapat menggunakan jaringan kantor dari rumah atau tempat lain. Sedangkan pada saat ini, VPN sudah banyak digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia. Tujuannya? Tentu untuk mendapatkan koneksi ke internet secara aman, pribadi (private), dan dapat mengakses suatu jaringan secara remote. Pada artikel ini Anda akan mendapatkan penjelasan lengkap apa itu vpn dan fungsinya serta hal-hal lainnya mengenai VPN yang wajib Anda ketahui. Apa Itu VPN? VPN (Virtual Private Network) adalah layanan koneksi yang memberikan Anda akses ke website secara aman (secure) dan pribadi (private) dengan mengubah jalur koneksi melalui server dan menyembunyikan pertukaran data yang terjadi. Sederhananya, VPN mengkoneksikan smartphone, tablet, PC ke komputer yang lain (biasa disebut dengan VPN Server) di suatu tempat yang terhubung dengan interne