Langsung ke konten utama

Server Configuration



Setelah di artikel sebelumnya saya membahas tentang Cara Menginstall Windows Server 2012. Nah pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan sedikit tentang apa yang saya ketahui mengenai Kegunaan Server Configuration atau biasa kita sebut dengan SConfig pada Windows Server. Sconfig biasa kita temui pada saat penginstallan Windows Server 2012.

Apa itu SConfig? SConfig adalah menu pada windows server yang digunakan untuk mengkonfigurasi server.
  • Cara membuka SConfig, pertama anda Klik powershell pada bagian bawah bar windows server. Lalu setelah itu ketik : sconfig.




  • Nah seperti inilah tampilan SConfig nya.
Terdapat 15 option yang ada pada SConfig.

  • Domain/WorkGroup
Fungsi nya adalah untuk mengubah nama Domain/WorkGroup.
Caranya, pilih option nomor 1. Lalu ketik D > mengubah nama Domain sedangkan W untuk mengubah nama WorkGroup. Kali ini saya akan mengganti nama WorkGroup menjadi "Rian.net"


Telah berhasil Merubah nama WorkGroup.

  • Computer Name
Fungsinya adalah untuk merubah nama komputer anda.
Caranya, pilih option nomor 2 >enter, lalu anda masukan nama baru untuk komputer anda. Disini saya merubah namanya menjadi "RianPC".


Anda diminta untuk merestart komputer untuk melakukan perubahan nama komputer, Klik Yes.
  • Add Local Administrator
Fungsinya adalah untuk menambahkan admin lokal.
Caranya adalah pilih option nomor 3, lalu masukan akun untuk bergabung dengan admin local. Disini saya menamai "Rian".


Selanjutnya masukan password untuk akun anda. Ingat, Agar Password anda kuat (Password kuat adalah yang mencakup huruf kapital, huruf kecil, angka & symbol.

Contoh Password yang kuat.
Windows=2012

Join admin lokal telah sukses.


  • Configure Remote Managament
Fungsinya adalah untuk memanagement remote.
Caranya adalah pilih option nomor 4, Lalu akan terdapat beberapa pilihan option :
1. Enable Remote Management > Untuk mengaktifkan remote management
2. Disable  Remote Management > Untuk menonaktifkan remote management
3. Configure Server Response to Ping > Untuk melakukan konfigurasi respon server untuk melakukan ping.


  • Windows Update Settings
Fungsinya adalah untuk mengatur apakah ingin mengupdate windows secara manual atau secara otomatis.
Caranya, pilih option nomor 5, Lalu ketik A > Untuk mengupdate secara otomatis atau Ketik M > Untuk mengupdate secara manual.


Contoh jika mengupdate secara manual.

  • Download and Install Update

Fungsinya adalah untuk mendownload & menginstall update an terbaru dari windows. Disitu, anda akan diberi 2 pilihan download yaitu download yang direkomendasikan & download semua. Bisa dipilih sesuai keinginan anda. Disini saya ketik R.
Caranya, pilih option nomor 6 lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini :
Ketik A > Untuk Update semua
Ketik R > Untuk download yang direkomendasikan.
  • Remote Desktop
Fungsinya adalah untuk memberi izin apakah desktop bisa diremote atau tidak.
Caranya adalah pilih option nomor 7, Lalu Ketik E > bisa diremote atau D > tidak bisa diremote. Disini saya mengetik D.



  • Network Settings

Fungsinya untuk mengkonfigurasi IP Address, Set DNS & Clear DNS.
Caranya adalah pilih option nomor 8, lalu akan ada pilihan index, pilih index nomor 10. Setelah itu akan muncul 4 pilihan option :
1. Untuk mengatur IP Address
2. Untuk mengatur DNS Server
3. Untuk Clear Pengaturan DNS Server
4. Untuk kembali ke menu


  • Date and Time
Fungsinya adalah untuk mengatur waktu dan zona waktu yang sesuai dengan keberadaan anda.
Caranya adalah pilih option nomor 9, Lalu akan muncul tampilan seperti di bawah ini :

Jika sudah selesai mengatur nya, Klik Apply lalu klik OK.
  • Help improve the product with CEIP

Fungsinya adalah agar kita bergabung dalam Customer Experience Improvement Program.
Caranya adalah pilih option 10, setelah itu akan muncul tampilan seperti ini.


Disini saya mencoba pilih no, agar tidak bergabung dalam CEIP.



  • Windows Activation
Fungsinya adalah untuk mempermudah dalam mengelola yang berhubungan tentang license.
Caranya adalah pilih option nomor 11, lalu akan muncul beberapa option :
1. Melihat info license
2. Activate Windows
3. Install Product Key
4. Kembali ke menu



  • Log Off User
Fungsinya adalah untuk keluar dari user yang sedang berjalan.
Caranya adalah pilih option nomor 12 > Enter.


Lalu akan muncul pop up seperti dibawah, pilih Yes > Menyetujui log off user, pilih No > membatalkan log off user.


  • Restart Server
Fungsinya adalah untuk memulai ulang Server.
Caranya yaitu pilih option nomor 13.


Lalu akan muncul pop up seperti dibawah, pilih Yes > Jika ingin merestart server, pilih No > Jika ingin membatalkan merestart server.


  • Shutdown Server
Fungsinya adalah untuk mematikan server.
Caranya adalah pilih option nomor 14.


Lalu akan muncul pop up seperti dibawah, pilih Yes > Jika ingin mematikan server, pilih No jika tidak ingin mematikan server.


  • Exit to Command Line
Fungsinya adalah untuk keluar dari Sconfig ke Command Line.
Caranya adalah pilih option nomor 15.


 Sudah kembali ke tampilan Command Line.



Nah, itulah pembahasan mengenai Kegunaan Sconfig pada Windows Server 2012 dari saya. Semoga bermanfaat. 


SEKIAN

^_^




Komentar

Postingan populer dari blog ini

VPN/Virtual Private Network

Apa Itu VPN? Pada jaman dulu, VPN (Virtual Private Network) dibuat dengan tujuan mengkoneksikan jaringan antar gedung perkantoran secara aman dan dapat menggunakan jaringan kantor dari rumah atau tempat lain. Sedangkan pada saat ini, VPN sudah banyak digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia. Tujuannya? Tentu untuk mendapatkan koneksi ke internet secara aman, pribadi (private), dan dapat mengakses suatu jaringan secara remote. Pada artikel ini Anda akan mendapatkan penjelasan lengkap apa itu vpn dan fungsinya serta hal-hal lainnya mengenai VPN yang wajib Anda ketahui. Apa Itu VPN? VPN (Virtual Private Network) adalah layanan koneksi yang memberikan Anda akses ke website secara aman (secure) dan pribadi (private) dengan mengubah jalur koneksi melalui server dan menyembunyikan pertukaran data yang terjadi. Sederhananya, VPN mengkoneksikan smartphone, tablet, PC ke komputer yang lain (biasa disebut dengan VPN Server) di suatu tempat yang terhubung dengan interne

FTP Server

Pengertian FTP adalah sebuah protokol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi sebagai standar untuk pengiriman file komputer antar mesin-mesin dalam sebuah jaringan. FTP merupakan salah satu protokol internet yang paling awal dikembangkan & masih digunakan hingga saat ini. FTP berfungsi untuk melakukan pengunduhan/download & juga melakukan pengunggahan/upload berkas-berkas komputer antara client FTP dengan FTP Server. Selanjutnya l angsung saja ke tahap pengkonfigurasi nya saja.  Alat & Bahan : 1. VirtualBox 2. Iso Windows Server 2012 3. Iso Windows 10 Langkah pertama yaitu Klik Server Manager > Klik Add Roles and Features. Lalu akan muncul beberapa pilihan menu. Klik Next saja. Selanjutnya pilih type installasi nya > Role Based Instalation. Role base dipilih karena untuk menambahkan beberapa role, role service & fitur-fitur lainya. Kemudian akan ada 2 pilihan server yaitu Server Pool atau Virtual Harddisk . Disin

Installasi Debian 8 Dengan VirtualBox

BAB 1 : Installasi Awal Linux Debian 8.0 Bahan-bahan yang diperlukan : VirtualBox ISO Linux Debian 8 (DVD 1-3). Klik Baru, Pada jendela VirtualBox. Lalu ketik Nama, Tipe & Versi > Lanjut. Selanjutnya Tekan Enter sampai 5x sampai Debian virtual dibuat. Lalu jalankan dengan klik Mulai. Ketika muncul tampilan seperti dibawah, Klik simbol yang berwarna kuning disebelah kanan & pilih ISO Debian 8 yang sudah disiapkan. Persiapan Bahasa & Lokasi, keyboard, Penambahan DVD Debian ke-2 & ke-3. Jika langkah sebelumnya telah selesai, selanjutnya Pilih Install > Enter untuk memulai installasi. Pilih Bahasa yang ingin digunakan, gunakan Bahasa Inggris (ENGLISH) > Enter.   Pada Pemilihan Lokasi >  Pilih Other.   Selanjutnya Pilih ASIA.   Kemudian cari Indonesia > Enter.   Pemilihan Lokal. Pilih United States > Enter.   Pemilihan Keyboard. Pilih American