Langsung ke konten utama

Cara Mengubah Versi Gui ke Core Pada Windows Server 2012

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang Cara Mengubah Versi Gui ke Core Pada Windows Server 2012. Untuk perubahan kali ini akan terasa lebih mudah dibanding dari Perubahan versi Core ke Gui, karena untuk yang satu ini semua langkah-langkah nya tidak berbasis pada text lagi sehingga lebih mudah diikuti & mudah dihafal.


  • Pada tahap pertama, buka menu Server Manager disudut kiri dibagian bawah bar.
  • Selanjutnya pilih menu Manage yang berada disebelah kanan atas. Lalu pilih Removes Roles and Features.


  • Setelah memasuki Removes Roles and Features, disana akan terdapat beberapa pilihan menu : 
          1. Before You Begin
          2. Server Selection
          3. Server Roles
          4. Features
          5. Confirmation
          6. Results












  • Pada tahap ini, anda memasuki menu Before You Begin. Anda bisa langsung melewati nya dengan mengeklik Next. 

  • Selanjutnya anda akan masuk ke menu Server Selection, di dalam menu ini anda bisa menentukan mana server yang ingin di konfigurasi, bila anda hanya memiliki 1 server maka anda tidak usah memilih mana server yang ingin di konfigurasi, karena Operating System akan secara otomatis memilih server tersebut untuk dikonfigurasi nantinya.
Setelah anda memilih mana server yang akan dikonfigurasi ( bila anda memiliki lebih dari 1 server) selanjtnya anda klik Next untuk melanjutkan.
  • Kemudian, anda akan memasuki menu Server Roles. Untuk tahap ini lewatkan saja, dikarenakan bukan fitur ini yang akan dihapus. Klik Next untuk melanjutkan.

  •  Nah, pada menu Feature inilah terdapat sebuah fitur yang bisa membuat Windows Server menjadi Gui. Kita harus menonaktifkan fitur ini supaya bisa berpindah dari tampilan Gui ke tampilan Core. Tahap pertama : Uncentang User Interfaces and Infrastucture > menghilangkan tampilan Gui nya.


  • Tahap kedua : anda harus menghapus sebuah fiture Windows Power IISE & juga centang Remove Management Tools. Lalu klik Remove Features. Dan kemudian klik Next untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

  • Pada menu Confirmation, berisi sebuah konfirmasi dari pengguna apakah benar ingin menghapus feature tersebut. Ditampilkan juga daftar mana yang ingin anda matikan sebelumnya, supaya sesudah proses penghapusan feature Gui ini selesai langsung reboot. 
  • Centanglah Restart The Destination Server Automatically. Lalu Klik Remove untuk masuk ke tahap selanjutnya.

Biasanya jika mencentang Restart The Destination Server Automatically akan muncul pop up seperti diatas. Klik Yes saja.

  • Pada tahap Results, berisi tahap penghapusan feature Gui yang sudah anda pilih. Proses penghapusan feature ini memakan waktu kurang lebih sekitar 4 menit. 


Biasanya akan Stack cukup lama disini.
  • Bila proses diatas sudah selesai, maka VirtualBox akan merestart secara otomatis.
Proses ini akan memakan waktu kurang lebih diatas 3 menit.
  • Selanjutnya, setelah melakukan restart tadi, anda akan diperintahkan untuk login ke akun administrator yang sudah anda buat. Tekan Ctrl+Alt+Del.

  • Setelah anda berhasil login anda akan dibawa ke tampilan Server Core pada Windows Server 2012.
Seperti inilah tampilan nya.

Nah, kurang lebih seperti itulah cara merubah versi Gui ke Core pada Windows Server 2012. Terimakasih telah mengunjungi artikel saya kali ini.

SEKIAN 

^_^






Komentar

Postingan populer dari blog ini

VPN/Virtual Private Network

Apa Itu VPN? Pada jaman dulu, VPN (Virtual Private Network) dibuat dengan tujuan mengkoneksikan jaringan antar gedung perkantoran secara aman dan dapat menggunakan jaringan kantor dari rumah atau tempat lain. Sedangkan pada saat ini, VPN sudah banyak digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia. Tujuannya? Tentu untuk mendapatkan koneksi ke internet secara aman, pribadi (private), dan dapat mengakses suatu jaringan secara remote. Pada artikel ini Anda akan mendapatkan penjelasan lengkap apa itu vpn dan fungsinya serta hal-hal lainnya mengenai VPN yang wajib Anda ketahui. Apa Itu VPN? VPN (Virtual Private Network) adalah layanan koneksi yang memberikan Anda akses ke website secara aman (secure) dan pribadi (private) dengan mengubah jalur koneksi melalui server dan menyembunyikan pertukaran data yang terjadi. Sederhananya, VPN mengkoneksikan smartphone, tablet, PC ke komputer yang lain (biasa disebut dengan VPN Server) di suatu tempat yang terhubung dengan interne

FTP Server

Pengertian FTP adalah sebuah protokol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi sebagai standar untuk pengiriman file komputer antar mesin-mesin dalam sebuah jaringan. FTP merupakan salah satu protokol internet yang paling awal dikembangkan & masih digunakan hingga saat ini. FTP berfungsi untuk melakukan pengunduhan/download & juga melakukan pengunggahan/upload berkas-berkas komputer antara client FTP dengan FTP Server. Selanjutnya l angsung saja ke tahap pengkonfigurasi nya saja.  Alat & Bahan : 1. VirtualBox 2. Iso Windows Server 2012 3. Iso Windows 10 Langkah pertama yaitu Klik Server Manager > Klik Add Roles and Features. Lalu akan muncul beberapa pilihan menu. Klik Next saja. Selanjutnya pilih type installasi nya > Role Based Instalation. Role base dipilih karena untuk menambahkan beberapa role, role service & fitur-fitur lainya. Kemudian akan ada 2 pilihan server yaitu Server Pool atau Virtual Harddisk . Disin

Installasi Debian 8 Dengan VirtualBox

BAB 1 : Installasi Awal Linux Debian 8.0 Bahan-bahan yang diperlukan : VirtualBox ISO Linux Debian 8 (DVD 1-3). Klik Baru, Pada jendela VirtualBox. Lalu ketik Nama, Tipe & Versi > Lanjut. Selanjutnya Tekan Enter sampai 5x sampai Debian virtual dibuat. Lalu jalankan dengan klik Mulai. Ketika muncul tampilan seperti dibawah, Klik simbol yang berwarna kuning disebelah kanan & pilih ISO Debian 8 yang sudah disiapkan. Persiapan Bahasa & Lokasi, keyboard, Penambahan DVD Debian ke-2 & ke-3. Jika langkah sebelumnya telah selesai, selanjutnya Pilih Install > Enter untuk memulai installasi. Pilih Bahasa yang ingin digunakan, gunakan Bahasa Inggris (ENGLISH) > Enter.   Pada Pemilihan Lokasi >  Pilih Other.   Selanjutnya Pilih ASIA.   Kemudian cari Indonesia > Enter.   Pemilihan Lokal. Pilih United States > Enter.   Pemilihan Keyboard. Pilih American